Cara Menulis Artikel Yang Baik Dan SEO Friendly - SEO Blog

Header Ads

Cara Menulis Artikel Yang Baik Dan SEO Friendly

Menulis artikel yang baik dan SEO friendly memerlukan keterampilan yang baik pula agar artikel menarik untuk dipublikasikan dan mudah dibaca.

Cara Menulis Artikel Yang Baik Dan SEO Friendly

Ketika menulis artikel pastikan untuk meletakkan kata kunci dan penempatan hyperlink di dalam teks, hal ini sangat dianjurkan untuk memudahkan spider mengindeks sebuah halaman web, yang akan mendorong lebih banyak pembaca untuk berkunjung ke halaman web Anda. Inilah yang membedakan artikel biasa dengan artikel SEO friendly.

Berikut cara menulis artikel yang baik dan SEO fiendly agar cepat terindex Google :

Tips Menulis Artikel yang Baik dan SEO

Pastikan untuk menulis artikel dengan baik, menarik, dan informatif serta mempresentasikan sudut pandang baru pada topik tertentu. Keterkaitan yang baik di awal artikel dengan informasi berguna dalam artikel akan membuat pengunjung ingin terus membaca.

Artikel Anda harus bermanfaat, menghibur, atau dengan kata lain artikel merupakan sesuatu yang sangat bernilai dan mengandung kebaruan informasi.

Artikel ditulis dengan tata bahasa yang baik dan berkualitas agar menarik lebih banyak lalu lintas, yang berarti juga pembaca akan banyak mengunjungi situs Anda.

Dengan demikian akan membuat artikel lebih menarik bagi orang-orang yang ingin membuat backlink ke situs Anda.

1. Membuat Outline untuk Artikel

Membuat sub heading sangat membantu pembaca dan mesin pencari jika artikel dibagi ke dalam beberapa bagian.

Para pembaca lebih menghargai sebuah situs jika mereka dapat membaca sebuah artikel dengan mudah. Hal ini juga akan menjadi pengingat bagi mereka, karena sebagian besar orang menelusuri sebuah situs kadang hanya untuk membaca artikel di Internet.

Itulah sebabnya membagi artikel kedalam bagian-bagian tertentu dengan Sub Heading akan membuat sebuah halaman web tetap berada di halaman hasil pencarian mesin pencari dalam jangka waktu lama.

2. Menempatkan Kata Kunci Pada Artikel

Keyword adalah kata kunci atau frasa, akan digunakan oleh orang-orang untuk mencari informasi mengenai topik yang Anda tulis. Sebagai contoh, frasa untuk artikel "souvenir" dapat berupa "toko souvenir" atau "toko souvenir pernikahan" sementara kata kuncinya dapat berupa "souvenir" atau " cinderamata".

Kata kunci sebuah artikel sangat penting, karena semua frasa yang telah Anda daftarkan sangat memudahkan pembuatan metadata halaman artikel tersebut, yang merupakan bagian dari kode HTML. Hal ini akan memudahkan spider merayapi dan mengindeks halaman situs blog Anda.

Kata kunci yang berhasil didaftarkan oleh "spider" akan dikirim ke setiap halaman di Internet. Spider "merayapi" seluruh halaman web dan situs, dan menganalisa seberapa baik kualitas sebuah artikel.

Salah satu cara spider merayapi halaman sebuah web adalah dengan "mendaftarkan" keyword dan frasa kunci untuk menentukan topik sebuah halaman web, spider juga mendeteksi seberapa sering setiap keyword atau frasa digunakan.

Dengan demikian spider dapat menentukan kualitas sebuah artikel seperti, apakah artikel tersebut menggunakan tata bahasa yang benar?

Spider juga dapat menentukan jenis hyperlink inbound maupun outbound. Hyperlink merupakan sebuah link diarahkan ke halaman lain relevan maupun tidak relevan.

Berikut cara meletakkan kata kunci yang benar di dalam artikel

a. Menempatkan kata kunci pada judul artikel

Judul artikel merupakan bagian penting dan efektif dalam artikel SEO. Mesin pencari seperti Google menaruh perhatian yang amat besar pada judul sebuah artikel dan judul sebuah blog. Itulah sebabnya mengapa kata kunci sangat penting diletakkan pada bagian judul.

Disarankan untuk menempatkan kata kunci pada bagian awal atau kata pertama pada judul artikel. Dan lebih baik lagi jika judul artikel itu adalah kata kunci itu sendiri.

Buatlah judul setiap artikel yang unik dan akurat. Berikan judul artikel yang menarik yaitu dengan tata bahasa yang benar dan tidak menyertakan tanda baca seperti tanda tanya, koma, titik, tanda sambung dan lain sebagainya.

b. Menempatkan kata kunci pada URL halaman

Cara membuat URL halaman yang benar adalah dengan membuatnya sesingkat mungkin. Hindari membuat URL halaman yang terlalu panjang yang dapat menyulitkan orang untuk mengingat halaman blog Anda. Tempatkan kata kunci di dalamnya.

Prinsipnya sama juga dengan membuat judul artikel, idealnya adalah URL artikel itu merupakan kata kunci itu sendiri.

c. Menempatkan kata kunci dalam artikel

Masukkan kata kunci ke dalam artikel minimal 3 buah atau sesuaikan dengan panjang artikel yang Anda buat. Idealnya diletakkan pada paragraf pertama, pertengahan dan pada paragraph terakhir dari artikel Anda.

Hindari menggunakan kata kunci berlebihan dalam artikel. Penggunaan yang berlebihan dalam artikel benar-benar akan berdampak negatif untuk mesin pencari.

Selingi kalimat-kalimat dalam artikel dengan bahasa alami dan tidak terlalu banyak menggunakan kata kunci atau frasa kunci. Kepadatan kata kunci disarankan adalah 1-3%.

Jika memungkinkan buat kata kunci dan frasa kunci dalam format huruf tebal atau huruf miring.

Jangan terlalu sering menggunakan kata kunci karena Google akan menganggap Anda melesakkan kata kunci.

Jangan sekali-kali melakukan hal-hal konyol yang dapat membuat blog Anda dicuekin Google. Sebaiknya tempatkan frasa kunci pada kata-kata ke 155 sampai dengan kata ke 200.

d. Menempatkan kata kunci pada Sub Heading.

Pilah artikel kedalam beberapa paragraf pendek dengan memberikan subheader. Menggunakan "kata kunci paling utama" dan frasa kunci pada bagian pembuka artikel sebanyak mungkin, sebaiknya ditempatan dalam kalimat pertama dan di paragraf pertama.


3. Membuat meta description dengan benar

Meta description tidak akan berpengaruh pada peringkat di mesin pencari. Namun teks yang dimasukkan ke dalam meta description akan terlihat di halaman hasil pencarian, dan menjadi acuan kedua bagi pengguna untuk berkunjung ke situs Anda setelah judul artikel. Oleh Karena itu buatlah teks dalam meta description dapat mewakili isi keseluruhan artikel yang bersangkutan.

5. Sertakan hyperlink dalam artikel

Hyperlink adalah link ke halaman lain atau halaman web lain yang relevan dengan topik Anda. Anda dapat menyorot kata atau frasa dan menambahkan alamat web yang Anda ingin ditautkan.

Pastikan setiap link ke suatau halaman atau situs web menawarkan informasi relevan dan berkualitas serta navigasi yang mudah.

6. Membangun link ke artikel

Link merupakan pintu gerbang bagi Google untuk menjelajahi konten Anda. Pastikan Anda mendistribusikan link-link yang berisi konten Anda ke berbagai website atau blog termasuk pula jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Tumblr dan lain-lain yang mendorong jaringan pertemanan Anda untuk membagikan kembali link-link tersebut kepada kolega mereka.

Penutup

Pastikan Anda mengunakan tata bahasa yang baik dan benar dalam artikel dan tidak ada kesalahan ejaan.

Selingi kalimat-kalimat dalam artikel Anda dengan bahasa alami dan tidak terlalu banyak menggunakan kata kunci atau frasa kunci. Kepadatan kata kunci disarankan adalah 1-3%.

Penempatan kata kunci terbaik dalam menulis artikel adalah pada judul dan pada kalimat pertama dengan huruf tebal atau italic. Ini bermanfaat untuk menekankan kata kunci berpengaruh pada algoritma Google ketika spider melakukan perayapan pada halaman situs. Kemudian sebagai selingan cobalah buat kalimat pertama dengan pertanyaan.

Sebagaimana pada kalimat pertama demikian pula pada kalimat terakhir, yaitu dengan menempatkan kata kunci dan frasa kunci untuk memberi penekanan lainnya pada kata-kunci dan frasa kunci yang digunakan.

Saya kira inilah cara menulis artikel yang baik dan SEO friendly yang dapat saya tulis kali ini. Tentunya masih banyak terdapat kekurangan. Komentar Anda akan sangat membantu untuk penyempurnaan artikel ini.

Jangan lupa baca juga panduan lengkap Teknik SEO Untuk Blogspot
Diberdayakan oleh Blogger.
Sora Templates