Tingkatkan Penjualan Online Anda dengan Memaksimalkan Mobile Marketing - SEO Blog

Header Ads

Tingkatkan Penjualan Online Anda dengan Memaksimalkan Mobile Marketing

Sebagian besar pengguna mobile menghabiskan hari-hari mereka di social media. Fenomena ini merupakan peluang terbaik bila dilihat dari kaca mata bisnis. Adalah hal yang mengejutkan jika masih banyak pemilik bisnis mengabaikan dampak teknologi mobile dan tidak berusaha memaksimalkan mobile marketing untuk meningkatkan penjualan online mereka.

Cara Memaksimalkan Mobile Marketing

Terbukti masih banyak pemilik bisnis sama sekali masih belum mengetahui efek positif bagi peningkatan marketing dan penjualan online.

Padahal bila dilakukan melalui perangkat ini dapat mendorong sejumlah trafik luar biasa besar ke situs web mereka.

Tentu saja hal ini sangat mengejutkan terutama jika merujuk ke sebuah studi yan dilakukan oleh Hitwise, di mana lebih dari 58% lalu lintas mesin pencari saat ini berasal dari perangkat mobile.

Pertanyaannya apa untungnya bagi SEO di masa depan? Bagaimana pemilik situs mendapat keuntungan dari teknologi baru ini?

Jawaban untuk pertanyaan tersebut saya kira dapat Anda temukan ulasan di bawah ini.

Berikut tiga cara memaksimalkan mobile marketing yang dapat digunakan setiap pemilik bisnis untuk meningkatkan penjuaan online:

Utamakan Fokus di Social Media

Untuk mendapatkan hasil maksimal di pencarian mobile penting untuk memahami psikologi pengguna mobile. Secara umum kebutuhan pengguna mobile adalah untuk mendapatkan hiburan dan pengetahuan, dan sebagian besar hiburan berasal dari social media.

Jika ingin meningkatkan penjualan online dengan mobile marketing pertama sekali yang harus Anda perhatikan adalah social media. Untuk itu penting untuk memastikan bahwa Anda sanggup menyediakan konten menghibur dan mudah dibagikan.

Anda dapat melakukan ini dengan menambahkan tag dengan jelas yang  mendorong pengguna mobile untuk berbagi di social media mana pun, karena pengguna ponsel cenderung menghabiskan waktu mereka di social media.

Pastikan Desain Web Responsif 

Setelah Google memperkenalkan perubahan besar untuk algoritma pencarian, sejak itu pula Google sangat mengutamakan desain web responsif dan mobile friendly.

Untuk itulah baru-baru ini Google memperkenalkan AMP HTML mereka yang dirancang khusus untuk membangun situs web mobile friendly yaitu situs yang mudah diakses melalui perangkat mobile.

Lihat juga Cara Buat Template Blogspot Dengan AMP Google

Indikasi ini jelas menunjukkan bahwa Google sangat intens mengutamakan desain web responsif, mobile friendly sebagai pilihan terbaik bagi pemilik situs web dari perspektif pencarian.

Desain web responsif memungkinkan situs untuk tampil  lebih baik di semua platform, apakah itu desktop, laptop, tablet atau perangkat mobile lainnya.

Google juga menyatakan akan mengenakan sanksi bagi situs web yang sulit diakses melalui perangkat mobile atau tidak mobile friendly.

Jika website Anda menggunakan desain lama dan tidak sangat sulit diakses perangkat mobile, mungkin akan memiliki efek buruk pada hasil mesin pencari Anda.

Apa pun alasannya, jika Anda tidak ahli di bidang desain web jangan membuat kesalahan dengan mendesainnya sendiri kecuali Anda memiliki pengetahuan yang memadai untuk desain web mobile friendly.

Saat ini sudah banyak perusahaan web design di Indonesia seperti Proweb, Kreatif Web design dan lain-lain. Atau Anda dapat menghubungi saya melalui halaman kontak ini :).

Umumnya mereka menawarkan solusi desain web mobile untuk klien yang ingin meningkatkan mobile marketing mereka.

Jika memang benar-benar ingin merancang web sendiri ada banyak tool web design yang dapat digunakan untuk membuat situs versi mobile, namun ini tidak akan secanggih apa yang bisa Anda dapatkan dari seorang profesional.

Meningkatkan Pengalaman Pengguna

Ketika Anda mulai terjun ke mobile marketing, pengalaman pengguna sangat penting. Sebagian besar pengguna tidak ingin repot-repot dengan situs yang memiliki desain buruk.

Pertama dan terpenting, adalah memahami bahwa beban loading dan navigasi situs Anda harus dirancang senyaman mungkin bagi pembaca.

Misalnya, dengan menyederhanakan navigasi yang  memungkinkan akses ke halaman situs paling penting atau halaman web paling populer dari website Anda.

Salah satu cara mudah untuk melakukannya adalah dengan mengadopsi menu vertikal untuk semua halaman web demi kemudahan akses.

Fokus juga pada kecepatan loading website, memiliki satu antarmuka pengguna secara keseluruhan, field input yang lebih ramah, format web dan faktor-faktor lain yang akan membuat website terlihat lebih bermanfaat bagi pengguna.

Penutup

Mobile marketing seharusnya tidak menjadi sesuatu yang harus ditakuti, tetapi digunakan untuk keuntungan Anda sepenuhnya.

Mobile marketing benar-benar harus memiliki beberapa prinsip yang apa bila digunakan dengan benar, dapat menuai manfaat yang sangat besar untuk bisnis Anda.

Yang terpenting dan selalu harus diingat adalah untuk selalu fokus pada pengalaman pengguna, membangun sebuah situs dengan desain responsif yang akan terlihat bagus pada semua platform adalah hal yang utama.

Kemudian berikan juga perhatian khusus pada konten yang dapat dibagikan dengan mudah, konten bermanfaat, menghibur dan ringan, maka Anda akan mudah menarik perhatian pengguna mobile.

Memaksimalkan mobile marketing saat ini adalah hal penting dan utama yang perlu mendapat perhatian pemilik bisnis jika ingin meningkatkan penjualan online mereka di masa depan.

Lihat juga:
Cara Mencari Viral Content di Facebook
Diberdayakan oleh Blogger.
Sora Templates