Cara Menghapus Backlink Berkualtias Rendah - SEO Blog

Header Ads

Cara Menghapus Backlink Berkualtias Rendah

Cara Menghapus Backlink Berkualtias Rendah

Setiap pemilik situs pasti senang dan bangga memiliki banyak link masuk ke situs mereka. Link masuk atau disebut juga dengan backlink akan meningkatkan kualitas SEO mereka di situs pencari. Dengan banyaknya backlink sebuah situs akan kebanjiran traffic dari situs pencari, hal yang diidam-idamkan oleh setiap pemilik situs. Oleh sebab itulah banyak pemilik situs web rajin melakukan backlink builder untuk situs web mereka.

Namun tahukah Anda? Tidak semua link masuk dapat meningkatkan kualitas SEO sebuah situs?

Lihat: 7 Hal Penting Tentang SEO Yang Tidak Anda Ketahui

Ada jenis link yang malah akan menurunkan kualitas sebuah situs atau malah dapat menghancurkan situs web itu sendiri.  Link-link jenis ini dikategorikan berbahaya dan dapat merusak citra sebuah situs di mata mesin pencari bahkan sampai kena Penalti Google. Link masuk atau backlink seperti ini biasanya disebut juga dengan spam backlink atau link-link berkualitas rendah. Jadi hati-hati jika Anda ingin melakukan backlink builder untuk situs web yang Anda kelola.

Baca juga: Cara Google Melihat Backlink Situs

Untuk itu sekali waktu Anda perlu mengaudit situs yang Anda kelola. Lakukan investigasi seberapa banyak link yang diperoleh, dan dari situs web mana saja yang me-link ke situs web Anda. Penjelasan singkatnya link-link masuk yang berkualitas adalah link dari situs yang ada relevansinya dengan situs Anda. Misalnya jika situ web Anda menargetkan pasar lokal, Indonesia misalnya, maka pastikan semua link masuk tersebut berasal dari situs-situs web lokal pula. Jika ada link masuk ke situs web Anda datangnya dari stus web Cina yang berisi bahasa dan aksara Cina semua, apakah itu relevan? Tentu tidak bukan. Dari itu blokir saja link-link seperti itu.

Cara Menghapus Backlink Berkualitas Rendah

Dalam tutorial ini kita akan menggunakan sebuah tool yang disediakan oleh Google. Tool ini disebut dengan Disavow Link. Tool ini sangat membantu para pemilik situs untuk mencegah terjadinya spam link agar tidak terkena penalti Google. Namun untuk dapat mengunakan tool ini terlebih dahulu Anda harus memiliki akun di Google Serach Console. Dan jika belum terdaftar maka lakukanlah pendaftaran terlebih dahulu.
  1. Buka tool Disavow Link klik disini 
  2. Pilih situs web yang ingin dikelola, lalu klik DISAVOW LINK atau MENOLAK TAUTAN
    Cara Menghapus Backlink Berkualtias Rendah
  3. Selanjutnya akan muncul sebuah windows pop pup yang meminta Anda mengupload sebuah file dengan format teks ".txt" yang berisi daftar nama domain situs yang me link ke situs Anda untuk dihapus.
    Contoh file txt yang diupload:
    Cara Menghapus Backlink Berkualtias Rendah
  4. Selesai kemudian kirimkan.
Proses ini mungkin akan memakan waktu hingga satu minggu atau lebih, jadi pantau saja perkembangannya rajin-rajin melakukan audit link yang mengarah ke situs web yang Anda kelola.

Jangan lupa lihat juga: Daftar Blog Dofollow PageRank Tinggi
Diberdayakan oleh Blogger.
Sora Templates