7 Cara Membangun Backlink Berkualitas - SEO Blog

Header Ads

7 Cara Membangun Backlink Berkualitas

Salah satu hal paling penting untuk setiap webmaster adalah melakukan link control terhadap web berkaitan dengan link-link yang mengarah ke situs mereka. Dengan hadirnya Google, SEO mulai mendapatkan gesekan dan persaingan yang amat tajam, untuk itulah kualitas SEO dan membangun backlink menjadi elemen paling penting untuk keberhasilan SEO sebuah blog atau website.

Element penting sebuah blog atau situs adalah Backlink Berkualitas

Bahkan membangun backlink adalah satu hal paling kritis untuk kesuksesan seorang webmaster. 

Dalam postingan kali ini akan membahas 7 cara membangun backlink berkualitas berikut caranya:

1. Article Marketing

Untuk saat ini article marketing telah menjadi salah satu cara paling efektf untuk membangun backlink yang mengarah ke situs blog Anda. Meskipun metode ini umumnya berhasil dengan sangat baik, namun ada beberapa hal penting yang harus Anda pertimbangkan ketika mencoba untuk mendapatkan backlink melalui article marketing. Beberapa hal tersebut tidak begitu berpengaruh, namun ada satu hal yang paling penting diperhatikan adalah melakukan article marketing hanya pada situs-situs yang relevan saja. Sebagai contoh jika perusahaan Anda bergerak di bidang jasa konsultan SEO maka situs yang relevan untuk melakukan guest posting hanya pada situs-situs yang memiliki niche blog SEO saja.

2. Optimalkan Profil Anda Di Situs Jejaring Sosial

Ini merupakan salah satu cara paling mudah untuk mendapatkan backlink berkualitas yang menuju ke situs blog Anda. Kebanyakan social bookmarking dan situs-situs jejaring sosial memiliki pagerank tinggi dan ini akan menularkan popularitas mereka melalui akun Anda, walau sebagian besar dari situs-situs tersebut nofollow link namun ada beberapa situs jejaring sosial itu dofollow.

Taruhlah misalnya profil akun Anda di Twitter memiliki popularitas pagerank 5, jadi dengan ini Anda akan mendapatkan banyak sekali backlink berkualitas  dengan memanfaatkan social bookmark.

Banyak situs social bookmarking/networking sites memungkinkan Anda untuk menambahkan link menuju ke website Anda dan juga link lainnya di profile Anda, sangat penting untuk tidak meremehkan kekuatan link ini untuk itu maksimalkan penggunaan yang lebih efektif dari situs-situs tersebut.

3. Press Release

Banyak cara lain untuk mendapatkan backlink berkualitas ke blog Anda salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs press release seefektif mungkin. Jika dilakukan dengan benar, Anda bisa mendapatkan banyak backlink berkualitas dari situs press release tersebut karena biasanya situs-situs ini menyebarkan konten mereka ke banyak situs yang lebih kecil dan konten mereka akan denga mudah dijangkau oleh situs-situs berita besar yang berarti pula lebih banyak eksposur dan backlink berkualitas yang mengarah ke situs Anda.

Dalam hal ini jika ingin mendapatkan yang terbaik dari press release, pastikan memiliki judul berita yang menarik, hal ini penting untuk menarik lebih banyak orang membaca press release Anda, Pastikan pula bahwa Anda memiliki link hidup ke website Anda yang disisipkan dalam konten karena beberapa orang mungkin akan mencuri konten tersebut tanpa ingin memberikan kredit kepada Anda, namun dengan menyisipkan link dalam konten akan membantu Anda untuk mengatasi masalah tersebut.

4. Link Exchange 

Ini merupakan salah satu cara yang sudah ketinggalan jaman, namun masih mungkin berfungsi dengan baik dan efektif. Metode ini adalah melakukan pertukaran link sesama pemilik situs atau blog.

Ada saran yang patut dipertimbangkan untuk menggunakan cara ini. Yaitu dalam melakukan pertukaran link gunakan situs web terpisah dari situ utama, hal ini untuk mencegah penalti dari Google.

5. Situs Sharing Dokumen

Cara lain untuk mendapatkan backlink berkualitas ke website Anda adalah dengan mengirimkan Ebool atau artikel ke situs-situs sharing document.

Anda dapat melakukannya dengan kompilasi postingan artikel blog Anda dalam bentuk PDF kemudian sisipkan link yang mengarah ke situ blog Anda.

Sebagian besar orang khawatir akan penalti Google jika menggunakan metode ini. Namun dengan mendapatkan beberapa backlink berkualitas tinggi saya rasa tidak ada salahnya, karena ada banyak situs-situs sharing document yang dipercaya oleh Google dan beberapa mesin pencari lainnya seperti Bing, dan link dari situs sharing dokumen biasanya do-follow.

6. Guest Blogging

Guest Blogging merupakan cara lain untuk membangun link satu arah ke situs Anda. Lain halnya seperti article marketing, backlink dibangun melalui guest blogging yang berkualitas tinggi dan memiliki authority backlink karena sebagian besar situs yang akan Anda gunakan untuk guest blogging memiliki kepercayaan Google.

Banyak blog memiliki pagerank tinggi dan artikel Anda akan berada di homepage mereka untuk beberapa waktu, dan jika artikel Anda bagus dan berkualitas akan banyak orang me-link ke sana, yang berarti akan banyak lalu-lintas menuju ke situs blog Anda.

7.  Berkomentar Pada Blog Lain

Banyak pendapat dan komentar miring tentang membangun backlink melalui komentar di blog-blog lain, dengan berbagai argumentasinya menyebutkan bahwa memberi komentar pada blog-blog tertentu tidak dapat diandalkan untuk membangun backlink.

Akan tetapi pengalaman saya mengatakan hal yang berbeda, bahwa berkomentar pada blog-blog lain sangat efektif untuk membangun backlink berkualitas bagi blog Anda.

Namun demikian di sini bukan berarti kita dibolehkan untuk menyepam situs-situs lain membabi buta untuk memperoleh backlink dari form komentar, ini akan merugikan Anda sendiri. Namun metode dapat digunakan untuk keuntungan Anda sendiri dengan cara memberikan komentar yang bagus dan relevan saja.

Kesimpulan

Penting dicatat bahwa tidak semua backlink memiliki nilai yang sama, dan membangun backlink berkualitas akan meningkatkan SEO pada Blog yang berati pula lebih banyak lalu-lintas ke blog Anda. Dan jika diimplementasikan semua panduan di atas Anda akan memperoleh hasil yang lebih baik dan peningkatan bahkan hampir bisa dikatakan Anda memperoleh peningkatan di mesin pencari secara gratis.

Demikianlah kira-kira cara membangun backlink berkualitas. Yang penting Anda harus disiplin dan gigih karena proses membangun backlink memang membutuhkan waktu namun yakinlah cepat atau lambat akan menaikkan situs Anda untuk kata kunci yang Anda bidik. Hal ini tentunya tidak lepas dari manfaat produk atau bisnis Anda.

Lihat juga: Backlink Dofollow Gratis Dari Domain PR 8
Diberdayakan oleh Blogger.
Sora Templates