Cara Meningkatkan Keamanan Data Password di Google Password Manager - SEO Blog

Header Ads

Cara Meningkatkan Keamanan Data Password di Google Password Manager

SEO Blog ~ Google Chrome dilengkapi satu fitur built-in yang cukup menarik untuk pengguna Google menyimpan username dan password.

Fitur ini dikenal dengan sebutan Google Password Manager yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna Google untuk meyimpan username dan password yang dapat Anda gunakan untuk login ke sebuah website menggunakan Google Chrome.

Username dan password yang telah disinkronkan dengan akun Anda dapat digunakan untuk login ke sebuah web site dari mana saja dan dengan perangkat komputer dan OS apa saja.

Akses Password dengan Google Password Manager dari mana saja

Google Chrome tersedia untuk berbagai platform termasuk iOS dan Android Phones, dengan demikian tidak ada batasan bagi Anda untuk mengakses password Anda dari mana saja dengan menggunakan Google Password Manager.

Menariknya, meskipun Anda menggunakan browser yang berbeda seperti safari di iPhone atau Microsoft Edge di Windows 10, Anda masih tetap dapat mengakses akun password Anda yang disimpan didalam Chrome melalui passwords.google.com.

Buka situs web Google password, masuk dengan akun Google Anda yang sudah ada yang Anda gunakan di Chrome dan Anda akan melihat list setiap akun (dan password yang terkait) yang Anda gunakan untuk masuk ke Chrome.

Pada daftar tersebut semua Password tersembunyi dengan tanda bintang namun password-password tersebut dapat dengan mudah dilihat dengan mengklik ikon mata. Anda juga dapat menghapus password yang tersimpan tersebut namun tidak ada opsi untuk mengedit password.

Cara menyembunyikan password

Jika seseorang memiliki akses ke Akun password utama Anda, maka orang tersebut mungkin dapat mengakses ke seluruh akun password melalui Google Password Manager, oleh sebab itu perlu mengaktifkan otorisasi untuk akun Google Anda.

Anda punya dua piihan jika tidak nyaman melihat password tersimpan dalam database Google password. Pertaman jangan menyimpan password di Chrome sama sekali, yang kedua buat password Anda tidak bisa diakses dari situs Google seperti dijelaskan berikut sini.

Buka Google Chrome Anda pada desktop lalu buka Settings – Advanced Sync Settings. Atau, ketik di address bar browser chrome://settings/syncSetup dan tekan Enter. Di bawah Encryption Options, pilih “Encrypt all synced data with your own sync passphrase”, masukkan passphrase dan simpan pengaturan.

Setelah satu atau dua menit, password Anda tidak terlihat lagi di website Google password. Jika Anda berubah fikiran ingin mengembalikan penyimpanan di Google Passwprd cukup reset ke pengaturan default.

Jangan lupa lihat juga: Cara Membuat Direct Download Link Google Drive
Diberdayakan oleh Blogger.
Sora Templates