2 Cara Menampilkan Iklan Adsense Tidak Muncul - SEO Blog

Header Ads

2 Cara Menampilkan Iklan Adsense Tidak Muncul

Google Adsense menawarkan jenis iklan responsif (smart sizing) agar pengguna tidak perlu pusing lagi memikirkan ukuran lebar dan tinggi iklan ketika tampil di halaman blog. Namun masalah muncul dan sering terjadi adalah ketika iklan Adsense tidak muncul dan meninggalkan ruang kosong di console browser


Iklan Adsense Tidak Muncul


Ada beberapa kemungkinan iklan adsense tidak muncul ketika ditampilkan di halaman situs, salah satunya adalah kompatibilitas design template atau auto resizing error.

Dalam artikel ini saya akan menjelaskan beberapa pendekatan untuk menampilkan adsense tidak muncul ketika ditampilkan di halaman web.

    Iklan Adsense Tidak Muncul

    Iklan layout Responsif memiliki peluang cukup besar untuk menguangkan situs versi mobile sehingga setiap publisher pasti tidak akan mengabaikan iklan jenis ini.

    Namun masalah yang umum terjadi dengan iklan responsif adalah sering kali tidak muncul setelah dipasang.

    Tentu saja iklan adsense yang baru dibuat umumnya tidak akan tampil seketika, Anda harus menunggu beberapa saat setelah dibuat agar iklan muncul di halaman blog.

    Tetapi apabila iklan masih tetap tidak muncul setelah beberapa jam,  mungkin saja ada masalah dengan blog atau iklan Anda.

    Baca juga Cara Pasang Iklan Di Blog Agar Loading Bertambah Cepat Hingga 80 Persen

    Dalam kasus "iklan Adsense tidak muncul" tidak berarti space untuk iklan itu kosong begitu saja, tetapi yang terjadi sebenarnya adalah Adsense tidak mampu menampilkan iklan dikarenakan Adsense gagal mendeteksi ukuran space untuk iklan.

    Adsense Gagal Mendeteksi Ukuran Space Untuk Iklan

    Jika sudah cukup familiar dengan console JavaScript di browser, Anda dapat melihat pesan kesalahan berikut ini.

     Iklan Adsense Yang Tidak Muncul

    Maksud dari pesan di atas adalah smart sized Anda (“data-ad-format=auto”) responsive ad ("responsive size") tidak mampu mendeteksi space yang tersedia ("width=0px").

    Sediakan Space Untuk Iklan

    Solusinya terdengar gampang sekali, yaitu dengan menyediakan space untuk iklan agar Adsense dapat mendeteksi seberapa besar ukuran space iklan tersedia, namun bagimana caranya ? Bukankah Anda memilih jenis iklan ini agar tidak repot-repot dengan ukuran space iklan?

    Ya mau tidak mau Anda tetap harus memodifikasi skrip iklan sedikit agar iklan Adsense muncul di halaman blog.

    Baca juga Memasang Iklan Mengambang Di Sisi Kiri Atau Kanan Blog

    Berikut tiga cara agar iklan Adsense muncul di halaman blog.

    1. Menentukan Ukuran Iklan Secara Manual

    Jika sudah cukup familiar dengan CSS3 Anda dapat mengatur ukuran iklan per ukuran layar perangkat atau browser. Cara ini hampir dapat dipastikan berfungsi dengan baik, namun Anda harus mengerti koding sedikit dan mampu mendeterminasi ukuran layar browser  untuk memastikan kecocokan ukuran iklan.

    Berikut contoh kode untuk menentukan ukuran iklan secara manual.
    <style type="text/css">
    .slotiklan_1 { width: 320px; height: 100px; }
    @media (min-width:500px) { .slotiklan_1 { width: 468px; height: 60px; } }
    @media (min-width:800px) { .slotiklan_1 { width: 728px; height: 90px; } }
    </style>
    <ins class="adsbygoogle slotiklan_1"
        style="display:inline-block;"
        data-ad-client="ca-pub-343434"
        data-ad-slot="454545"></ins>
    <script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
    <script>(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});</script>

    Tag <style> di sini merupakan bagian dari kode yang berisi media queries dengan ukuran browser minimum. Saran saya adalah tetap menggunakan ukuran default iklan Adsense umumnya sesuai dengan template Anda tidak hanya terpaku dengan ukuran dalam artikel ini.

    Tag <ins> sendiri sangat familiar dengan tag iklan smart sizing namun dengan perbedaan bahwa atribut data-ad-format="auto" telah dihapus.

    Baca juga Ukuran Iklan Adsense Pengeruk Dollar

    2. Mendefiniskan Container Iklan

    Jika dengan menentukan ukuran iklan secara manual gagal atau tidak bekerja, Anda dapat mencoba membuat lebar container stabil sehinga Adsense dapat mendeteksi seberapa lebar space iklan yang tersedia. FYI, iklan tidak akan tampil jika space tersedia collaps dan tidak tersedianya cotainer iklan yang stabil, sama dengan sebagian besar iklan yang disisipkan ke dalam halaman artikel.

    Untuk tempat-tempat seperti widget di sidebar atau header, kemungkinan space kosong untuk iklan sudah tersedia, namun biasanya dengan ukuran lebar dan tinggi yang tetap. Bahkan jika space di sidebar dan header ini diatur ulang secara manual dengan CSS iklan masih tetap akan bekerja dengan baik.

    Pertama, cek space di mana Anda ingin meletakkan iklan dalam sebuah container yang ada. Jika ada salah satu yang memiliki lebar dan tinggi di atas 0, Anda harus dapat menggunakannya dengan iklan smart sizing responsif.

    Jika container untuk space iklan tidak ada Anda harus membuatnya secara manual dengan neyuntikkan kode berikut ini:
    display: block;
    width: 100%; /* lebar auto mungkin akan bekerja dengan baik */
    height: 100px; /* mungkin akah bekerja dengan baik, namun ukuran tinggi container tetap lebih baik */

    Penutup

    Iklan tidak muncul dapat terjadi karena terdapat beberapa masalah dengan blog Anda. Bisa jadi karena jumlah iklan yang ditampilkan melebih jumlah yang diperbolehkan sesuai kebijkan Google.

    Iklan Adsense tidak muncul bisa juga disebabkan oleh adanya konten yang melanggar TOS Google, atau kompatibilitas situs blog Anda sendiri.

    Demikian yang dapat saya tulis kali ini, semoga tips ini dapat membantu dan mengatasi masalah iklan adsense yang tidak muncul di halaman blog Anda.

    Lihat juga Cara Pasang Iklan Adsense Muncul Dinamis Di Laman Post
    Diberdayakan oleh Blogger.
    Sora Templates