Teknik SEO Untuk Blogspot - SEO Blog

Header Ads

Teknik SEO Untuk Blogspot

Belajar SEO mungkin terdengar lebih mudah, kelihatannya persepsi ini muncul karena anggapam blog lebih mudah terindeks Google karena fokus hanya pada artikel sehingga tidak perlu menerapkan SEO. Tapi kenyataannya tidak demikian, bagi Anda pengguna blogspot dibutuhkan teknik SEO khusus agar blog mudah masuk halaman satu Google.

Ada ribuan blog dengan topik sama bertebaran di internet. Namun hanya blog terbaik menurut penilaian Google saja yang diberi rangking dan berhasil masuk ke halaman satu.

Lalu bagaimana caranya agar blog kita dianggap layak masuk halaman satu Google?

Berikut cara menerapkan SEO pada blog agar lebih mudah ter-indeks dan terlihat di halaman hasil pencarian Google.

SEO Untuk Blog ~ SEO Blog

Mitos Tentang SEO

Ketika memulai sebuah blog beberapa tahun lalu saya tidak begitu mengerti tentang SEO dan teorinya, atau bagaimana cara memulai SEO untuk blog, mengoptimalkan bahkan membawa blog ke tingkat selanjutnya.

Yang saya pahami saat itu adalah bagaimana menulis blog, berbagi ilmu, membantu sebagian orang dengan proyek dan bisnis mereka, dan belajar sambil ngeblog.

Hingga suatu hari saya merasa harus memulai melakukan riset atau belajar SEO, dimulai dengan mencari-cari informasi tentang SEO melalui Google.

Dalam perjalanannya saya menemukan ribuan informasi disajikan di halaman hasil pencarian Google merujuk kepada beberapa situs yang mengulas topik ini, data dan struktur kompleks dan memusingkan.

Meskipun faktanya SEO blog tidak benar-benar rumit, namun karena ditulis dengan cara begitu kompleks jadinya terasa amat rumit.

Dari situ saya mendapat kesan kurang menyenangkan tentang SEO. Banyak para ahli menulis seakan-akan kita sudah sangat paham tentang SEO.

Tidak emua orang ahli ngeblog atau HTML atau semua dianggap master untuk memproses data-data berukuran besar, dimana sebenarnya itu bukanlah bidang saya dan bahkan mungkin bukan urusan Anda yang sedang membaca artikel ini.

Ini tidak heran karena kebanyakan tutorial SEO di situs-situs besar orientasi penulisannya ditujukan kepada situs-situs berskala besar pula, sangat cocok untuk belajar SEO expert dan jarang sekali pembahasannya dikhususkan untuk Blog.

Setelah melewati beberapa fase dan melewati gunung informasi saya merasa mulai sedikit mengerti dan berniat suatu saat akan menulis panduan lengkap belajar SEO yang lebih sederhana.

Dimana panduan SEO tersebut haruslah secara khusus dan paling ramah serta ideal untuk orang-orang seperti saya yang hanya paham sedikit tentang SEO.

Bagi Anda yang masih bertanya-tanya, apa itu SEO, bagaimana cara menerapkan SEO?  akan menemukan jawabannya dalam ulasan Belajar SEO Blog lengkap di bawah ini.

Apa itu SEO ?

Kalau menurut teori para mastah SEO (Search Engine Optimization) adalah Optimasi Mesin Pencari yaitu: melakukan sebuah proses untuk mempengaruhi tingkat keterlihatan (visibilitas) sebuah situs web atau sebuah halaman web di hasil pencarian alami (sering disebut juga dengan pencarian tak-berbayar, pencarian non-iklan, atau pencarian organik) dari sebuah mesin pencari.”

Gimana... pusingkan hehehe...

Singkatnya... SEO itu adalah cara agar situs blog kita masuk halaman satu hasil pencarian Google.

Bagaimana Cara Kerja SEO ?

Ketika membutuhkan suatu informasi di internet biasanya Anda akan membuka Google atau Bing lalu mengetikkan satu atau beberapa kata di kolom pencarian.

Nah SEO bekerja agar Google atau mesin pencari lainnya dapat menyajikan hasil pencarian yang relevan dengan katau atau frasa yang diketikkan di kolom pencarian tadi.

Bagaimana Google mengumpulkan jutaan informasi seperti itu lalu menyajikannya untuk Anda? jawabannya adalah mereka menggunakan sesuatu, orang menyebutnya Spider.

Spider adalah program yang ditanam dalam mesin pencari seperti Google, tugas spider mencari informasi, melakukan investigasi dan menganalisa setiap halaman web kemudian memilih informasi paling berkualitas dan relevan dengan pencarian yang sedang dilakukan saat ini.

Algoritma mesin pencari mempertimbangkan relevansi dan popularitas konten (antar puluhan variabel lainnya).

Kemudian, berdasarkan faktor-faktor tersebut mereka menilai dan memberi peringkat setiap halaman dan menyajikan hasilnya dalam bentuk sebuah daftar, posisi pertama di halaman hasil pencarian menjadi paling populer lebih tepatnya peringkat satu atau yang terbaik.

Pengguna percaya akan kecerdasan mesin pencari, mereka yakin pada hasil yang disajikan dan merasa beruntung jika mengklik link pada posisi paling atas ketimbang link pada posisi paling bawah di halaman pertama hasil pencarian.

Berbeda halnya dengan kita, berada di sisi lain sebagai penulis, blogger atau manajer sebuah situs, ini merupakan suatu ketakutan besar berada di posisi buncit mesin pencari, dan merupakan suatu tantangan besar untuk di atasi.

Menyimpulkan bahwa menguasai SEO memungkinkan kita mengoptimalkan artikel dan benar-benar punya kesempatan memperoleh tempat pada posisi nomor 1 dalam daftar hasil pencarian bukan nomor 26.

Platform blog apa yang sesuai untuk belajar SEO blog?

Blogspot dari Google adalah salah satu tool blogging paling populer saat ini. Kebanyakan blogger pemula menggunakan platform ini untuk memulai ngeblog.

Oleh karena itu pembahasan dalam artikel ini sengaja dikhususkan untuk pengguna blogspot, jika menggunakan blogspot untuk blogging, ini adalah tempat yang tepat belajar menerapkan seo untuk blog, walau bisa juga diterapkan pada Wordpress dengan teknik berbeda.

Untuk Apa Belajar SEO Blog? 

Dengan SEO, Blog Anda memiliki peluang lebih besar menduduki peringkat satu (nomor 1)  di halaman hasil pencarian Google.

Mengapa Peringkat Satu Begitu Penting?

Karena ada dua hal berikut ini:
  • Anda punya kemampuan menulis sangat baik dan dengan asumsi konten sangat berharga untuk orang lain. Bahkan melalui blog Anda memiliki otoritas, popularitas bahkan lebih dari itu, membuat kerja keras dan waktu yang telah dicurahkan serta tekad Anda menulis tidak sia-sia karena memiliki manfaat untuk orang lain .
  • Dengan menempati peringkat pertama di halaman hasil pencarian Anda memiliki banyak kesempatan meraih uang di internet, mungkin Anda beranggapan ini hanya mengada-ngada tapi ini benar, dengan menempati posisi pertama Anda memiliki banyak peluang orang mengklik link Anda, Ini berarti lebih banyak lalu lintas, lebih banyak calon klien, penjualan, pelanggan, iklan, sponsor, dan lain sebagainya.

STRUKTUR SEO: ON PAGE DAN OFF PAGE

Apa itu Optimasi ON PAGE.

Adalah segala sesuatu yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkan kualitas artikel atau halaman blog agar mesin pencari seperti Google dapat menemukan dan menganalisa konten Anda.

Dengan kata lain Optimasi On Page adalah cara agar mesin pencari seperti Google dapat meningkatkan posisi blog Anda lebih tinggi di halaman hasil pencarian terkait dengan topik atau kata kunci dalam artikel Anda.

Apa itu Optimasi OFF PAGE.

Semua faktor eksternal yang mempengaruhi popularitas konten di Internet, misalnya: popularitas di jaringan sosial seperti Facebook atau Twitter (berapa banyak artikel di-share / atau berapa jumlah orang memberi komentar), berapa jumlah situs lain yang memiliki link ke artikel Anda, dan sebagainya.

Mesin pencari menjadikan informasi ini sebagai tolak ukur menilai relevansi dan kualitas sebuah konten kemudian memutuskan apakah konten tersebut layak untuk disajikan kepada pengguna atau tidak.

Pembahasan lebih dalam tentang topik ini dapat Anda lihat artikel lain dalam blog ini Teknik SEO On Page dan Off Page

Apa yang harus dioptimasi dengan blog dan bagaimana caranya?

OPTIMASI SEO ON-PAGE

KATA KUNCI

Kata kunci atau keyword merupakan inti daripada Optimasi ON PAGE pada artikel Anda. Itulah sebabnya mengapa kata kunci sangat penting digunakan.

Gunakan kata kunci dengan cerdik agar Spider menemukan blog Anda untuk dipersembahkan kepada dunia.

Anda harus memahami dengan baik tentang cara membuat keyword yang benar jika ingin terlihat di halaman hasil pencarian.

Meskipun memiliki blog dengan konten sangat baik, namun jika blog Anda tidak bisa ditemukan orang di internet, tentu tidak ada orang yang akan membaca.

Lihat juga Cara Mudah Membangun Blog Niche

Tentang penggunaan kata kunci pada artikel saya ingin merujuk kepada panduan dari MOZ. MOZ merupakan salah satu perusahaan Konsultan SEO dunia paling berpengalaman tentang subjek ini.

Dalam panduan dasar SEO mereka menyarankan checklist berikut untuk mengetahui di mana dan berapa kali idealnya kata kunci ditempatkan dalam sebuah artikel. Saya akan jelaskan secara terperinci satu persatu nantinya.

  • Minimal ada 1 kata kunci pada judul utama (H1)
  • Satu kata kunci dalam URL artikel
  • Minimal ada 1 atau 2 dalam heading
  • Minimal ada 3 buah kata kunci dalam artikel
  • Minimal ada 1 kata kunci cetak tebal (bold) dan 1 kata kunci cetak miring (italic)
  • Minimal ada 1 kata kunci dalam tag 'ALT' untuk gambar
  • Minimal 1 kata kunci dalam meta description.

BUAT JUDUL ARTIKEL DENGAN BENAR

Judul merupakan tempat pertama dianalisa oleh Spider mesin pencari. Melalui judul, pengguna maupun mesin pencari dapat mengenal topik tertentu dalam suatu halaman.

Idealnya judul adalah kata kunci itu sendiri. Buat judul artikel unik dan akurat untuk tiap-tiap halaman dalam blog Anda.

Dianjurkan judul tidak lebih dari 70 karakter termasuk didalamnya spasi dan menyertakan kata kunci didalamnya.

Jika konten terlihat di halaman hasil pencarian pengguna, judul biasanya ada di posisi baris pertama dimana kata judul dicetak tebal seperti terlihat berikut.

SEO Blog Untuk Pemula

Hal serupa juga berlaku untuk Twitter yang menyediakan space lebih kecil untuk setiap status yang muncul, jadi kita harus membuatnya sesingkat mungkin, agar judul terlihat secara keseluruhan.

Untuk halaman beranda, judul dapat diuraikan berdasarkan nama blog atau nama bisnis dan mencakup sebagian kecil informasi penting seperti alamat fisik bisnis atau fokus utama blog.

Cara buat judul halaman beranda blog | SEO Blog
Anda dapat membuat judul yang menjadi fokus utama blog Anda seperti terlihat di atas ditunjukkan dalam gambar berikut.

Cara membuat judul blog di Blogger | SEO Blog

TIPS:

  • Beri judul halaman sesingkat mungkin namun dapat menggambarkan konten Anda. Judul terlalu panjang tidak akan terlihat seluruhnya di halaman hasil pecarian karena Google menampilkan hanya sebagiannya saja.
  • Judul halaman harus unik agar mesin pencari dapat membedakan halaman tersebut dengan halaman lainnya dalam blog Anda
  • Pilih judul yang dapat menggambarkan topik konten halaman dengan efektif


BUAT URL HALAMAN DENGAN TEPAT

Penting diperhatikan agar pemberian URL halaman tidak terlalu panjang, atau Spider mesin pencari akan me-render halaman Anda sebagai spam.

Oleh karena itu sebaiknya URL halaman dibuat singkat dan disertai kata kunci di dalamnya.

Jika terlalu panjang ubah URL halaman dengan fitur tersedia, jika menggunakan platform blogger, URL halaman dapat diedit seperti ditunjukkan dalam gambar berikut.

URL singkat lebih mudah diingat bagi mereka yang mungkin ingin membuat tautan ke halaman Anda.

Pengunjung mungkin kesulitan memahami URL halaman yang sangat panjang dan sedikit kata yang dapat dipahami.

URL terlalu panjang dapat membingungkan dan tidak bersahabat, sulit dipahami oleh pengunjung dan mesin pencari.

URL terlalu panjang juga akan menyulitkan pengunjung untuk mengingat yang mungkin ingin mengutip tautan URL atau ingin membuat link ke URL tersebut.

Jika URL berisi kata kunci relevan, URL akan mewakili konten halaman dan dapat menyampaikan gambaran lengkap tentang isi halaman kepada pengguna dan mesin pencari ketimbang URL terlalu panjang.

Perlu dicatat URL halaman juga bagian yang muncul di halaman hasil pencarian mesin pencari, letaknya ada di bawah judul dan diatas cuplikan halaman.

Seperti halnya judul kata-kata dalam URL nampak tebal jika muncul di halaman hasil pencarian pengguna.

Dalam gambar di atas adalah contoh URL domain blog ini, berisi artikel Cara Kerja AMP Google yang muncul di halaman hasil pencarian pengguna.

URL dengan kata-kata lebih menarik ketimbang kode-kode tertentu, angka-angka atau kombinasi huruf dan angka seperti http://domainanda.com/page0989_001.html.

Google bukannya tidak mampu merayapi semua jenis URL berikut strukturnya, meskipun URL tersebut cukup rumit sekalipun.

Namun URL sederhana lebih disukai pengguna maupun mesin pencari. Tidak masalah jika URL Anda tidak mengikuti prosedur ini namun jika hal ini dilakukan dengan cara tidak benar akan berdampak pada hasil pencarian terhadap blog Anda.

TIPS:

  • Buat URL seperlunya, sederhana dan singkat hindari parameter tidak perlu seperti nomor ID sesi dan lain-lain
  • Gunakan nama URL secara unik dan spesifik mewakili informsi lengkap konten halaman, hindari penggunaan nama URL bersifat umum seperti page.html
  • Menyertakan kata kunci seperlunya misalnya mug-antik-terlangka.html hindari penggunaan kata kunci berlebihan seperti mug-antik-mug-antik-mug-antik-mug-kuno-mug-antik-piring-keramik-cina-antik.html
  • Gunakan huruf kecil dan hindari penggunaan nama URL aneh seperti kombinasi huruf dan angka, huruf kecil dan huruf besar

OPTIMALKAN TEKS HALAMAN (BODY TEXT) BLOG

Dianjurkan untuk memasukkan 3 buah kata kunci ke dalam artikel. Boleh saja menggunakannya lebih dari 3 buah kata kunci, asalkan tidak terlihat seperti dibuat-buat dan panjang artikel mendukung untuk itu.

Kepadatan kata kunci yang tinggi dalam body text benar-benar akan berdampak negatif untuk Google.

Strategi terbaik adalah konten, tergantung pada apa yang Anda tulis. Jika konten berkualitas, orisinil, punya gambar bagus, video dan link yang dapat memberi informasi ekstra kepada pengunjung Anda adalah cara optimasi blog paling efisien.

Konten berkualitas menjadikan blog populer dengan sendirinya. Membuat konten berkualitas, menarik dan bermanfaat bagi banyak orang akan lebih mempengaruhi ketimbang apa yang menjadi topik utama artikel ini.

Disarankan untuk melihat bagaimana cara menulis artikel SEO yang baik dan benar.

Konten berkualitas memancing orang lain untuk berbagi artikel Anda. Dengannya Anda memiliki media yang membantu meningkatkan reputasi  blog baik dengan pengguna maupun dengan mesin pencari dan hal ini jarang terjadi tanpa didukung oleh tersedianya konten berkualitas.

Mesin pencari akan memilah-milah paragraf pertama untuk mengetahui topik halaman blog Anda.

Oleh karena itu pastika kata kunci penting ada di paragraf pertama. Kemudian masukkan juga kata kunci penting tersebut dalam paragraf akhir.

Google menganggap paragraf terakhir seperti rangkuman dan penegasan terhadap apa yang ditulis pada judul utama halaman blog, meta tag, dan pada heading (judul atas).

Pertimbangkan tentang kata-kata yang mungkin digunakan pengguna untuk menelusuri sebagian konten Anda.

Pengguna yang banyak tahu tentang topik tersebut mungkin menggunakan kata kunci yang berbeda dalam kueri penelusuran mereka dibanding seseorang yang baru melihat topik tersebut.

Misalnya, penggemar mobil antik yang sudah lama mungkin menelusuri "mobil antik zaman belanda", sedangkan penggemar baru mungkin menggunakan kueri yang lebih umum seperti "mobil antik".

Halaman-halaman blog yang tidak spesifik, terlalu umum, dan tidak mengandung kata kunci di judul utama halaman, pada beberapa meta tag, sub judul ataupun dalam teks halaman akan membuat bingung mesin pencari dalam penempatan kategori yang tepat dalam indeks database-nya.

Untuk memudahkan Anda menentukan kata kunci dengan baik baca juga Cara Mengetahui Suatu Ide Blog Itu Niche Atau Tidak

Dengan memperhitungkan perbedaan dalam perilaku pencarian ini dan mengantisipasinya ketika menulis konten (menggunakan perpaduan yang bagus antara frasa kata kunci) dapat mengarahkan mesin pencari untuk mengarsir blog Anda dalam penempatan kategori yang sesuai dalam indeks database-nya.

Sebenarnya blog Anda tetap masuk ke dalam kategori indeksnya, namun tidak akan terlihat di halaman pertama, kedua bahkan halaman ketiga di halaman hasil pencarian.

TIPS:

  • Tulislah teks yang mudah dibaca
  • Tetap fokus dengan topiknya
  • Buat artikel yang spesifik unik dan segar
  • Buat artikel Anda untuk pengguna bukan untuk mesin pencari, hindari penggunaan kata kunci berlebihan sehingga artikel tampak aneh dan sulit untuk dipahami.

Penggunaan Meta Tag Description 

Tag pada Meta Description bukanlah faktor penyebab rangking naik di mesin pencari.

Namu teks yang dimasukkan ke bagian ini akan ditampilkan di halaman hasil pencarian sebagai sebuah deskripsi singkat mewakili informasi tentang halaman blog.

Jadi pastikan untuk memasukkan keterangan singkat yang cukup attractive untuk menarik perhatian pengguna.

Gambar berikut menunjukkan bagaimana cara memasukkan meta tag description pada blogspot:
Cara buat meta tag description pada blogspot - SEO Blog

Optimalkan Pengunaan Gambar Dalam Blog

Gambar adalah aspek lain dari elemen blog yang dapat dioptimasi. Pemberian nama gambar harus relevan dengan topik atau kata kunci yang digunakan, dengan demikian gambar akan muncul di halaman hasil pencarian.

Gambar juga merupakan sumber lain untuk membuat lalu lintas langsung ke blog Anda. Gunakan nama gambar yang bersahabat, seperti keramik-antik-dinasti-ming.png ketimbang kode acak seperti a8987dgyhX90d8.jpg.

Pertimbangkan juga penggunaan ukuran gambar yang pantas biasanya 72dpi, ukuran minimal 640 x 370px dengan besaran maksimal 90kb.

Gambar dengan besaran file 100kb ke atas akan menambah beban loading blog sehingga menjadi lambat yang akan berpengaruh tidak baik di mata Google.

Lihat Optimasi Blog Agar Fast Loading

Hapus link atau tautan pada gambar karena situs mesin pencari seperti Google tidak menyarankan untuk meletakkan banyak gambar dengan tautan dalam sebuah halaman blog.

Dengan menghilangkan tautan pada gambar dapat meperkecil kemungkinan pencurian gambar dalam blog. Selain itu juga akan berdampak kurang baik pada page rank Anda di mesin pencari.

Selain penggunaan nama  gunakan juga teks alt singkat namun deskriptif. Mengisi teks alt akan membantu Google memahami selengkapnya tentang laman yang Anda tautkan.

Hindari menulis teks alt terlalu panjang yang dapat dianggap spam. Pemberian teks alt gambar pada blogspot dapat dilihat berikut ini:

Kesimpulannya, kita harus membuat tugas spider menjadi lebih mudah, dengan demikian Google akan lebih mudah mengidentifikasi tentang apa yang Anda tulis, menganalisa, dan akhirnya menyajikan konten blog Anda di halaman hasil pencarian.

Baiklah sejauh ini saya telah membahas optimasi SEO On Page yang merupakan dasar-dasar SEO untuk blog yang wajib dikembangkan jika ingin blog Anda terlihat di hasil pencarian Google.

OPTIMASI SEO OFF-PAGE

Ingat OPTIMASI Off-page mengacu pada semua faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi posisi artikel Anda.

Backlink

Merupakan tautan dari luar yang merujuk ke nama domain blog Anda, bergantung kepada banyaknya, seberapa berkualias dan relevansi konteksnya antara link dari luar yang merujuk ke blog Anda.

Ketika seseorang membuat tautan dari luar (dari blog lain) merujuk ke artikel Anda, sebenarnya mereka telah membuat backlink yang menguntungkan Anda.

Karena dengan semakin banyak orang mengutip artikel Anda di blog mereka maka lebih banyak kesempatan spider untuk mempertimbangkan konten Anda sebagai konten relevan dan layak masuk halaman satu, dan itu akan membawa pengaruh besar pada posisi peringkat blog di hasil pencarian.

Lihat juga Cara Google Melihat Backling Situs

Nantinya Anda akan menemukan banyak sekali tawaran "backlink" untuk dibeli, namun ini sangat tidak dianjurkan.

Strategi jitu memperoleh "backlink" adalah dengan membuat link timbal balik secara alami, bekerja sama degan rekan-rekan lain dan membuat mereka berbagi link Anda di artikel mereka dan kemudian Anda berbagi situs mereka atau salah satu dari pos mereka.

Dengan cara ini, Anda membuat komunitas sendiri tetapi juga membuat "rantai lalu-lintas" saling menguntungkan kedua belah pihak

Opsi lain untuk optimasi Off-Page blog adalah melalui "Guess Blogging".

Anda dapat berpartisipasi pada blog orang lain dan, selama itu sesuai dan relevan.

Sebagai Guess Blogging Anda dapat menambahkan blog Anda (melalui tautan) atau artikel yang akan mendongkrak lalu lintas  ke artkel Anda. Dengan cara itu, Anda sendirilah pembuat backlink.

Metode lain dapat Anda lihat di Media Promosi Blog Gratis

Share Artikel Ke Media Sosial

Tidak hanya akan menghasilkan lebih banyak lalu lintas ke blog Anda, tetapi spider juga mencari berapa banyak artikel Anda telah dibagikan orang lain, yang memiliki banyak komentar dan/atau telah dibicarakan di berbagai jaringan sosial.

Ini adalah faktor penting untuk mempengaruhi posisi artikel Anda dalam daftar hasil mesin pencari.

Cara paling baik untuk mengumumkan konten atau layanan baru adalah melalui artikel pada blog, agar basis pengunjung Anda tahu bahwa Anda telah menambahkan sesuatu yang baru.

Webmaster lain yang mengikuti situs atau umpan RSS Anda juga dapat mempelajarinya.

Berusaha mempromosikan blog Anda secara offline juga menjanjikan. Misalnya, jika memiliki situs bisnis, pastikan URL tercantum dalam kartu nama, kop surat, poster, dll.

Dapat juga dengan mengirimkan laporan berkala kepada teman-teman atau kolega melalui surat atau email agar mereka mengetahui konten baru teelah tersedia pada situs blog Anda.

Penutup

Sampai disini Anda telah belajar hal-hal paling mendasar tentang teknik SEO yang wajib diterapkan bagi Anda pengguna Blogspot. Harapannya semoga dapat bermanfaat dan membuahkan hasil tentunya. Hanya sampai di sini artikel teknik SEO Blogspot sederhana yang dapat saya tulis. Terimakasih telah membaca artikel ini. 
Diberdayakan oleh Blogger.
Sora Templates