Haruskah Blog Tanpa Tanggal Dipenalti Google - SEO Blog

Header Ads

Haruskah Blog Tanpa Tanggal Dipenalti Google

Sebagaimana Anda ketahui setiap orang yang terkoneksi ke Internet akan membaca berita atau artikel di Internet. Baik artikel yang ada di blog-blog kecil maupun besar, situs-situs berita online seperti viva dan lain sebagainya termasuk media-media sosial serta forum-forum besar lainnya.

Haruskah Blog Tanpa Tanggal Dipenalti Google
Haruskah Blog Tanpa Tanggal Dipenalti Google ?

Untuk situs-situs yang sudah dikategorikan besar baik situs berita, blog dan semua media sosial dan forum diskusi selalu menyertakan tanggal atau timestamps untuk konten yang mereka publikasikan. Namun tidak jarang pula banyak blog-blog dan situs berita kecil "biasanya" sama sekali tidak menyertakan tanggal atau timestamps untuk konten mereka.

Artikel atau postingan blog yang tidak memiliki tanggal akan membuat kredibilitas blog menurun. Pembaca yang teliti tidak menganggap artikel demikian sebagai sebuah sumber informasi yang otentik dan dapat dipercaya bahkan jika sebuah cerita itu menarik dan kualitas artikel tersebut baik.

Saya senditi jika menemukan sebuah artikel yang benar-benar menarik dan kualitasnya bagus saya akan melihat komentar yang ada dibawah postingan artikel tersebut untuk mengetahui tanggal atau timestamps-nya, namun jika saya melihat tanggal komentar sudah begitu jauh ke belakang, tak jarang saya meninggalkan blog tersebut begitu saja dan tidak pernah kembali.

Sebaliknya jika sebuah artikel tertera waktu atau tanggal publikasinya, menarik dan sesuai dengan tema blog yang saya kelola maka artikel tersebut akan saya rekomendasikan kepada pembaca dan meletakkan sebuah link yang akan mengarah ke blog tersebut. Tentu saja ini menjadi keuntungan tersendiri yakni blog yang saya rekomendasikan tersebut akan mendapat backlink cuma-cuma dari blog saya.

Kelihatannya tidak hanya saya yang berpendapat demikian, banyak orang dan bahkan John Mueller sendiri dari Google pun demikian:

Haruskah Blog Tanpa Tanggal Dipenalti Google
Usulan agar situs atau blog tanpa tanggal dipenalti Google?

Mereka menyarankan Google untuk merilis penalti untuk situs-situs atau blog yang tidak menyertakan tanggal (timestamps) di artikel mereka. Beri saja penalti tersebut dengan sebutan "Google No Date Penalty" dan menjatuhkan hukuman berat kepada mereka yang tidak menyertakan tanggal pada artikel mereka.

Untung saja Google sangat baik dan mereka memiliki algoritma yang cukup baik pula, Google punya metode sendiri untuk menemukan usia dan tanggal sebuah artikel. Google dapat membedakan mana artikel yang masih baru dan yang sudah lama. Namun tidak demikian dengan manusia, tanpa timestamps manusia tidak dapat membedakan mana artikel lama dan yang baru.

Bagaimana dengan Anda, Haruskah Blog Tanpa Tanggal Dipenalti Google ?

Sumber forum diskusi Twitter.

Baca juga:
Diberdayakan oleh Blogger.
Sora Templates