Google Kirim Warning Terkait Tombol Download Palsu - SEO Blog

Header Ads

Google Kirim Warning Terkait Tombol Download Palsu

Google kirim warning terkait tombol download palsu untuk "Social Engineering Content Detected" kepada pemilik situs yang terindikasi pishing, ditandai dengan adanya tombol download atau tombol order pada situs tersebut.

Namun sayangnya notifikasi ini kadang-kadang terlihat seperti warning yang tidak beralasan sama sekali. Sebab belum tentu tombol-tombol dimaksud adalah pishing.

Google Kirim Warning Terkait Tombol Download Palsu
Tombol Download

Notifikasi ini adalah bagian dari warning Google untuk situs-situs yang terdeteksi pishing yang mana didalamnya terdapat  tombol Download palsu atau tombol order terindikasi pishing. Oleh karena itulah mulai saat ini Google akan mengirimkan notfikasi berupa warning kepada webmaster atau pemilik situs sesuai dengan kriteria web masing-masing.

Baca juga Google Blokir Situs Dengan Tombol Download Palsu

Reddit mempublikasikan sebuah gambar yang menampilkan satu dari beberapa warning tersebut:

Google Kirim Warning Terkait Tombol Download Palsu

Ada beberapa anggota di forum Google Webmaster Help melaporkan bahwa mereka juga menerima warning ini. Sebagian besar berpendapat bahwa warning tersebut merupakan suatu kesalahan yang dilakukan Google, tombol tersebut bukanlah palsu atau penipuan (pishing), akan tetapi lebih kepada unsur kesengajaan.

Mengutip dari salah satu pernyataan anggota forum tersebut yang menyatakan bahwa ketika pengguna membaca keterangan dari tombol download tersebut lalu melakukan klik, si pengguna akan dibawa ke halaman order, dimana dalam halaman order tersebut telah tertanam iframe yang menghubungkan (linking) ke platform order untuk melakukan pemesanan seperti di Gloriafood. Lalu apakah mungkin Google menganggap halaman web seperti itu sebagai situs phising?


Terkait dengan masalah tersebut sebagian besar Webmaster anggota forum mengajukan permintaan peninjauan kembali kebijakan Google tersebut. Mereka berharap Google akan menyesuaikan crawler mereka untuk mencegah kesalahan deteksi di masa depan.

Sumber Forum Google Webmaster Help


Diberdayakan oleh Blogger.
Sora Templates