Google Hapus Iklan di Sidebar Kanan - SEO Blog

Header Ads

Google Hapus Iklan di Sidebar Kanan

Google telah menguji terhadap empat iklan AdWords sejak tahun 2006 lalu, dan baru-baru ini Google meningkatkan uji coba tersebut dengan menghilangkan iklan di sisi kanan halaman hasil pencarian pada akhir tahun 2015 kemarin.

Google Hapus Iklan di Sidebar Kanan
Perubahan Layout Adwords di halaman hasil pencarian

Mengutip dari Search Engine Land, Google telah mengkonfirmasi bahwa mereka telah mengatur kembali posisi iklan di halaman hasil pencarian. Google menghapus iklan di sidebar kanan dan menampilkan 4 buah iklan di posisi atas.

Google tidak lagi menampilkan iklan di sebelah kanan halaman hasil pencarian, namun Google akan menampilkan empat buah iklan di bagian atas dengan dua pengecualian. Sedangkan iklan yang akan ditampilkan di posisi atas tersebut adalah iklan PLAs (Product Listing Ads) dan sisi kanan halaman hasil pencarian adalah informasi hasil pencarian dalam format grafik (knowledge graph).

Berikut ini adalah screen capture iklan yang ditampilkan di sebelah kanan:

Google Hapus Iklan di Sidebar Kanan
Tampilah Iklan di Sidebar kanan halaman hasil pencarian Google sebelum iklan di sidebar kanan dihapus

Dan gambar di bawah menunjukkan iklan yang telah dihapus di sisi kanan halaman hasil pencarian.

Google Hapus Iklan di Sidebar Kanan
Iklan di sidebar kanan Halaman Hasil pencarian google telah hilang
Dr. Pete Meyers mengatakan Jumat di Twitter bahwa 19% dari sejumlah permintaan untuk diuji, yang digunakan hanya empat iklan. Dr. Pete menulis sebuah laporan dalam blog Moz dengan data yang lebih lengkap sebagai berikut:

Google Hapus Iklan di Sidebar Kanan


Kami telah menguji layout ini dalam rentang waktu yang cukup lama, sehingga beberapa orang mungkin berpandangan bahwa posisi ini memiliki nilai komersial yang sangat kecil. Namun kami terus berusaha untuk meningkatkan hasilnya walau posisi ini dirancang untuk iklan yang sangat komersial dimana menurut kami tata letak akan mampu membrikan hasil yang lebih relevan untuk pengguna yang mencari sesuatu di internet tentunya dengan kinerja dan hasil yang lebih baik untuk para pengiklan. (Dr. Pete Meyers)

Secara umum perubahan ini membuat banyak orang berbeda pandangan, namun sebenarnya mereka hanya terkejut saja.

Sumber Moz Blog, Google AdWords Help



Lihat juga:

Diberdayakan oleh Blogger.
Sora Templates