5 Cara Harus Ditempuh Setiap Blogger Sekarang Juga Terkait Hak Cipta - SEO Blog

Header Ads

5 Cara Harus Ditempuh Setiap Blogger Sekarang Juga Terkait Hak Cipta

Jika Anda seorang blogger atau yang berprofesi sebagai Webmaster di bidang lainnya yang mempublikasikan artikel-artikel di internet mungkin perlu sedikit berhati-hati siapa tahu artikel Anda sedang disalin.

5 Cara Harus Ditempuh Setiap Blogger Sekarang Terkait Hak Cipta
Ilustrasi aksi plagiarisme

Tidak ada jaminan artikel Anda aman dari kopi paste di internet. Tidak penting apakah Anda seorang blogger besar, kecil atau yang berprofesi sebagai webmaster di bidang lainnya atau bahkan sebagai komentator sekalipun.

Beberapa aktivitas kopi paste ini mungkin sah-sah saja bahkan diinginkan, namun tidak jarang pula aktivitas kopas ini cenderung ilegal dan melampaui batas diperbolehkan dan melanggar hak cipta, seperti yang dilakukan oleh tips-123.blogspot.co.id ini.

Mungkin bagi sebagian orang tidak begitu penting, mereka memandang masalah ini tidak akan membawa manfaat, waktu yang terbatas akan sia-sia jika dihabiskan untuk berurusan dengan kegiatan plagiarist ini.

Tidak jadi masalah bagaimana Anda menanggapi masalah pelanggaran hak cipta, tapi setidaknya Anda pasti menaruh minat untuk melacak dan memahami bagaimana konten Anda digunakan berangkat dari apakah kegiatan plagiarist tersebut mengganggu pekerjaan Anda atau tidak.

Jadi luangkan waktu Anda beberapa menit untuk memikirkan masalah ini, bagaimana cara melindungi dan melacak konten Anda karena tanpa melakukan sesuatu untuk menghentikan pelanggaran maka pembaca tidak tahu jika yang mereka baca tersebut sebenarnya adalah konten milik Anda.

1. Cantumkan Lisensi pada blog Anda

Selanjutnya jelaskan informasi lisensi konten Anda sejauh mana dapat disalin dan dimanfaatkan. Pertanyaannya apakah orang lain bebas menyalin dan memiliki hak penuh atas artikel Anda, atau hanya sebagiannya saja, misalnya boleh menyalin tapi dengan syarat mencantumkan sumber, dan lain sebagainya. Jangan lupa dengan mencantumkan hak kepemilikan seperti (All Rights Reserved) jika memang hak kepemilikan konten adalah milik Anda. Dengan begitu menjadi jelas sebatas mana konten Anda dapat disalin dan digunakan.

Namun jika konten yang Anda miliki disalin dari konten yang berlisensi Creative Common atau lainnya, jangan coba untuk membuat lisensi sendiri.

Menjelaskan persyaratan penggunaan jelas penting untuk mencegah kesalahpahaman dalam penggunaan konten Anda namun tidak dianjurkan agar selalu harus fokus pada masalah tersebut.

Dengan demikian menjadi jelas bagi siapa saja yang mencari informasi di situs Anda untuk memanfaatkan konten-konten yang tersedia dalam blog Anda.

2. Tambah informasi hak cipta di footer blog Anda

Jika konten Anda berlisensi tambahkan informasi hak cipta di bagian footer blog atau situs Anda dan pastikan selalu up-to date. Meskipun Anda tidak membutuhkan informasi tersebut namun setidaknya Anda sudah dilindungi dengan undang-undang hak cipta, karena tidak semua orang mengerti dan mereka cenderung berfikir jika konten yang tidak memiliki simbol © maka konten tersebut bebas diambil dan dipergunakan secara bebas.

Ada satu trik yang dapat digunakan agar informasi tanggal selalu diperbarui secara otomatis Anda dapat merujuk ke link ini Cara Membuat Update Tahun Otomatis Copyright Blogger.

3. Daftarkan RSS Feed Blog Anda di FaisShare

FairShare, yang didukung oleh Attributor layanan penyesuaian-konten, adalah tool gratis terbaik yang dapat digunakan untuk mencari perbandingan konten blog Anda.

Pendaftarannya tidaklah sulit dan penggunaannya pun sangat mudah. Anda hanya diminta untuk mendaftarkan RSS Feed untuk FairShare dan seterusnya hasil dari update pelacakan konten akan dikirim setiap harinya kepada Anda. Ini merupakan tool yang sangat bermanfaat.

4. Gunakan Google Alerts untuk konten statis

Anda mungkin memiliki konten statis di situs Anda yang tidak muncul di RSS feed dan, dengan demikian, tidak dapat dijangkau oleh FairShare. Untuk itu kunjungi Google Alerts dan buat lansiran untuk setiap halaman yang menggunakan frase unik dalam tanda kutip. Kemudian, Anda akan menerima RSS atau Email pemberitahuan bila konten muncul di tempat lain di internet.

Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan Plagium dengan laporan mingguan gratis.

5. Tambakan Footer pada RSS Feed

Ada puluhan plugin dari berbagai platform utama yang dapat digunakan untuk kebutuhan ini. Namun penting untuk Anda menambahkan catatan kaki (footer) untuk RSS Feed Anda. Karena mencuri konten melalui RSS Feed adalah cara yang paling umum digunakan pada sebuah situs.

Anda harus menambahkan sesuatu sebagai catatan kaki RSS Feed Anda seperti sebua link yang mengarah kembali (link back) ke situs Anda.

Anda juga dapat menambahkan beberapa jenis informasi seperti informasi hak cipta dan lain sebagainya

Kesimpulan

Walau metode diatas bukanlah cara paling jitu melindungi konten dari plagiarisme, namun cara tersebut dapat diimplementasikan dengan mudah, cepat dan dalam waktu kurang dari satu jam Anda sudah dapat memastikan bahwa konten Anda dilindungi. Dan semua itu dilakukan tanpa Anda harus mengajukan email komplain atau permintaan penghapusan.

Ada banyak cara dapat dilakukan untuk melindungi konten dari kegiatan plagiarisme atau kopi paste. Anda dapat memilih salah satunya, atau menggabungkan beberapa cara tersebut.  Namun yang paling penting untuk digaris bawahi adalah konten dan feed Anda terlindungi. Meskipun Anda tidak dapat menghentikan orang dari penyalahgunaan konten Anda, tidak penting berapa banyak jumlahnya, namun yang terpenting adalah langkah-langkah sederhana tersebut diatas sudah dapat mengurangi pelanggaran dan membantu Anda menjangkau pembaca baru dalam waktu bersamaan.

Jangan lupa baca juga

Diberdayakan oleh Blogger.
Sora Templates