Pengaruh Atribut Nofollow Terhadap PageRank Google Bagi Web Anda - SEO Blog

Header Ads

Pengaruh Atribut Nofollow Terhadap PageRank Google Bagi Web Anda

Sederhananya pengertian PageRank adalah berjalan dengan algoritma seperti ini. Google memberikan sejumlah nilai fix yang merujuk ke sebuah halaman web, yang kemudian membagi sama rata di antara halaman lain yang memiliki link dari halaman tersebut.
Pengaruh Atribut Nofollow Terhadap PageRank Google Bagi Web Anda
Does Google Crawl rel nofollow at all

Sebagai contoh, kita asumsikan bahwa Google telah menetapkan halaman sebuah web dengan nilai 100 poin dan ada 5 hyperlink pada halaman tersebut. Kelima halaman tersebut akan memperoleh nilai masing-masing 20 poin dari Google. Jika ada 2 hyperlink pada halaman tersebut yang di tambahkan atribut rel=nofollow, Google akan mengabaikan 2 halaman di hyperlink tersebut dengan tidak memberikan poin. Namun tiga halaman yang tersisa masih akan mendapatkan masing-masing 20 poin seperti sebelumnya. Anda kehilangan sejumlah 40 poin (100 - 20 * 3)

Google telah memperbarui algoritmanya dan Anda tidak dapat lagi mengamankan halaman inti Anda dari PageRank dengan link nofollow-in. Dari contoh di atas, jika 2 link di tambah atribut rel=nofollow, sisanya yang 3 link masih akan mendapatkan 20 poin saja.

Pertanyaannya masih relevankah menggunakan atribut nofollow pada link internal? Untuk lebih jelasnya silahkan menyimak rekomendasi dari Webmaster Google  tentang penggunaan nofollow dalam beberapa skenario:
Robot mesin pencari tidak dapat masuk atau mendaftar sebagai anggota pada forum Anda, sehingga tidak ada alasan untuk mengundang Googlebot untuk mengikuti ke link "Daftar Disini" ataupun link "Login". Menggunakan nofollow pada link ini memungkinkan Googlebot merayapi halaman Anda yang lain  yang Anda harapkan untuk dapat dilihat di halaman hasil pencarian Google.
Hal ini benar-benar berbeda dengan apa yang disarankan Matt Cutts baru-baru ini seperti yang terlihat dalam sebuah video berikut ini.



Dalam video tersebut Dia menegaskan bahwa pemilik web tidak harus menggunakan rel=nofollow saat menghubungkan (link) antar halaman-halaman internal di web mereka, bahkan jika pemilik web tersebut tidak ingin halaman-halaman tersebut terlihat di halaman hasil pencarian mesin pencari.

Dia tidak menyatakan alasan tertentu mengapa Google mengubah paradigma asli mereka tentang penggunaan nofollow ini di halaman web, namun sebagai pemilik web yang lebih penting bagi kita untuk saat ini adalah rekomendasi tersebut,  yaitu tidak menambah atribut nofollow pada setiap link internal yang ada di setiap halaman web.

Lihat juga Yang Dicari Google Dari Blog Anda
Diberdayakan oleh Blogger.
Sora Templates