Kiat Mencari Ide Menulis Artikel - SEO Blog

Header Ads

Kiat Mencari Ide Menulis Artikel

Langkah awal membuka jalan menulis artikel adalah bagaimana cara mendapatkan ide. Sama juga halnya mencari inspirasi atau ilham.

Kata ide itu sendiri berasal dari kata latin idein artinya melihat. Secara bahasa ide berarti gagasan atau hasil pemikiran. Jadi ide diperoleh dengan memikirkan sesuatu.
Kiat Mencari Ide Menulis Artikel
Kiat Mencari Ide Menulis Artikel

Dalam ajaran Islam dikenal dengan istilah hidayah atau petunjuk dari Tuhan. Oleh karena itu, untuk mencari ide dapat saja kita mengacu bagaimana cara mendapatkan hidayah itu.

Mencari ide menulis artikel bisa dengan beragam cara. Antara lain berupa ilham, yaitu petunjuk yang didapat melalui ilham, diberikan Tuhan ke dalam hati seseorang. Ide menulis pun bisa datang dengan cara demikian. Istilahnya, naluri menulis. Identik dengan sense of news yang dimiliki wartawan.

Ada juga hidayah yang datang melalui panca indera, yaitu petunjuk yang didapat melalui penglihatan (mata), pendengaran (telinga), perasaan (lidah), penciuman (hidung), perabaan (tangan), Ide pun bisa diperoleh dengan cara penginderaan, misalnya dengan membaca buku atau koran, melihat pemandangan atau apa pun yang bisa dilihat, mendengarkan siaran radio, dan sebagainya.

Hidayah juga bisa diperoleh melalui akal (hidayatul 'aqli), caranya tentu dengan memaksimalkan akal yaitu berfikir atau bertafakkur, dengan demikian daya nalarpun meningkat. Ide menulispun demikian dapat diperoleh dengan cara menimbulkan pertanyaan "mengapa", "kenapa bisa begitu" atau "bagaimana" terhadap sebuah peristiwa atau fenomena yang ada.

Intinya "ide ada di mana-mana" diantaranya dengan membanyakkan bacaan, pengamatan, pengalaman, pendapat, obrolan, pengetahuan, perasaan, keinginan dan tontonan. Namun pengalaman saya mengatakan ide lebih banyak muncul dari bacaan, dalam bacaan Anda dapat menemukan tema-tema aktual dan menarik untuk Anda tulis dalam blog. Kiat ini juga bisa dianggap sebagai salah satu trik blogger bukan?

Uji Ide Anda

Jika sudah dapat ide kini saatnya Anda menguji Ide Anda tersebut dengan menimbang-nimbang, tanyalah pada diri Anda sendiri,  apakah ide ini aktual untuk dipublikasikan? Adakah manfaat ide tersebut bagi pengunjung blog? Memadaikah pengetahuan serta referensi yang kita miliki untuk mengembangkan ide tersebut dalam sebuah artikel? Atau pernahkah artikel tersebut dipublikasin di blog lain? jika sudah, temukan angel (sudut pandang lain). Yang terakhir adalah apakah ide tersebut relevan dengan visi dan tema blog yang menampung artikel tersebut?

Nah jika pertanyaan-pertanyaan tersebut sudah terjawab langkah terakhir adalah Anda publikasin artikel tersebut di Blog, cari niche yang unik, jika Anda menemui kesulitan bagaimana membangun blog niche silakah baca Cara Mudah Membangun Blog Niche lanjutkan dengan Cara Mengetahui Suatu Ide Untuk Blog Itu Niche atau Tidak

Demikian semoga bermanfaat.

Artikel terkait:
Cara Membuat Keyword Yang Benar
Diberdayakan oleh Blogger.
Sora Templates