Cara Menambahkan Link Tag Rel Kanonik di Blogger - SEO Blog

Header Ads

Cara Menambahkan Link Tag Rel Kanonik di Blogger

Bang Jonie ~ Link Kanonik merupakan salah satu element penting untuk mencegah robot mesin pencari mengindeks beberapa URL yang berbeda untuk satu halaman atau kontent. Link kanonik memberitahu mesin pencari link yang harus diindeks untuk halaman web yang mungkin dapat diakses melalui beberapa URL.

Link tag kanonik menunjukkan kepada Google atau mesin pencari laiinya satu link URL tertentu yang dipilih untuk satu halaman web yang harus diindeks meskipun halaman web tersebut dapat diakses melalui beberapa URL.

Cara Menambahkan Link Tag Rel Kanonik di Blogger
Menambahkan Link Tag Rel Kanonik di Blogger

Di blog dengan platform Blogger satu halaman dapat diakses melalui beberapa URL yang berbeda, oleh karena itu tag link kanonik harus ditambahkan, untuk mencegah mesin pencari mengindeks beberapa link untuk halaman yang sama dan menganggap link-link tersebut sebagai duplikasi konten.

Sebagai contoh; URL posting asli http://bloganda.blogspot.com/2014/12/ceritaku.html juga dapat diakses melalui;

  • Mobile link: http://bloganda.blogspot.com/2014/12/ceritaku.html?m=1.
  • Comments link: http://bloganda.blogspot.com/2014/12/ceritaku.html?showComment=1234567890123#c1234567890123456789.
  • URL Blogger negara tertentu: http://bloganda.blogspot.co.uk/2014/12/ceritaku.html.
  • Ragam tool tracking yang dapat menambahkan item dengan URL original: http://bloganda.blogspot.com/2014/12/ceritaku.html#xdfdzIJKHj7GHB.

Mungkin saja Anda beranggapan ini link yang sama, dapat membawa Anda untuk mengakses halaman yang sama. Namun tidak demikian dengan robot mesin pencari. Robot mesin pencari tidak menganggap bahwa ke semua link-link tersebut adalah halaman web yang sama. Mesin pencari seperti Google dan Bing mengindeks dan memperlakukan masing-masing link tersebut sebagai konten duplikat (duplicate content).

Jika Google dan mesin pencari lainnya menemukan konten duplikat maka blog Anda akan dieleminasi. Artinya Anda akan kehilangan peringkat halaman dan Pagerank di mesin pencari. Untuk menghindarinya Anda harus menambahkan tag link kanonik dalam blog Anda. Seperti terlihat pada gambar di atas.

Link tag kanonik mungkin sudah tersedia template Anda.

Sebelum menambahkan ke template blog Anda periksa apakah link tag kanonik di template blog Anda sudah tersedia, caranya sebagai berikut:

Buka dashboard Blogger > Template jika perlu backup template Anda > klik 'Edit HTML'. Cari kode; <b: include 'blog' data = nama = 'all-head-content' />. Anda akan menemukannya di bawah tag . Jika Anda belum menemukannya solusinya berikut ini:

Tag <B: include data = 'blog' name = 'all-head-content' /> secara otomatis menambahkan link tag kanonik bersama dengan tag dan script lainnya.

Jika tag <b: include 'blog' data = nama = 'all-head-content' /> belum dihapus dari template blogger Anda maka link tag kanonik tersedia dan berfungsi dengan baik.

Untuk melihat apakah link tag kanonik tersedia di blog Blogger Anda buka, Klik Template > Edit HTML cari kode sebagai berikut:
<link href='URL of your blog's page' rel='canonical'/>

Apa yang harus dilakukan jika Anda tidak menemukan <b: include 'blog' data = nama = 'all-head-content' /> dalam template Anda.

Tetapi jika Anda tidak dapat menemukan <b: include 'blog' data = nama = 'all-head-content' /> dalam template Anda maka tidak perlu lagi menambahkan lagi link untuk kanonik.

Berikut cara menambahkan link tag kanonik di template blogger Anda:

Buka Dashboard Blogger, klik Template > > Edi HTML
Cari kode

Copy paste kode kode berikut
<link expr:href='data:blog.canonicalUrl' rel='canonical'/>

Koik Save untuk menyimpan template Anda.

Kesimpulan:

data:blog.canonicalUrl adalah bagian paling penting dalam web atau blog untuk mengidentfikasi URL posting yang sebenarnya. Bahkan jika posting Anda dikunjungi melalui link yang berbeda, link kanonik akan tetap sama dimata mesin pencari seperti Google dan Google tidak akan mengindeks satu halaman dua kali dengan link yang berbeda.

Lihat juga:
Link-link Di Homepage Blog Penyebab PageRank Turun
Diberdayakan oleh Blogger.
Sora Templates