Tips Mempekenalkan Situs Atau Blog - SEO Blog

Header Ads

Tips Mempekenalkan Situs Atau Blog

Apakah Anda memiliki sebuah situs web yang contentnya cukup menarik namun pengunjungnya hanya sedikit? Atau meskipun pengunjung banyak namun mereka tidak terlalu banyak mengeksplor website Anda? Ataupun banyak pengunjung tidak betah di website Anda? Ada beberapa cara dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut. Dan uniknya, seringkali yang dibutuhkan hanyalah ide-ide cukup sederhana dan mungkin tanpa perlu usaha terlalu berat.

Anda tidak perlu menjadi seorang super jenius atau super brilian untuk memunculkan ide-ide seperti itu., Anda cukup memiliki kepekaan terhadap dunia internet dan budaya yang ada di dalamnya. Sebagai seorang pengelola situs web Anda harus bisa menerima feedback dari para penjelajah situs Anda dan juga harus bisa melihat trend yang ada di dunia luar.

Tips Mempekenalkan Situs Atau Blog

Melalui artikel ini saya coba mengangkat beberapa ide-ide sederhana berasal dari berbagai sumber termasuk dari beberapa pakar web (web designer, web author, dan lain-lain) berdasarkan pengamatan terhadap para penjelajah internet maupun terhadap beberapa website yang ada.

Anda dapat memunculkan sendiri ide-ide brilian milik Anda, cukup dengan memperluas wawasan terhadap trend, budaya, dan kemajuan teknologi yang ada di dalam ataupun di luar dunia internet. Lalu tuangkan saja ide Anda itu ke dalam website Anda dan lihat saja hasilnya setelah itu ambil feedback (masukan/kritik/saran/pujian) untuk penyempurnaan lebih lanjut.

Membuat beberapa versi situs web

Saat ini teknologi web berkembang dengan pesat, di satu sisi hal itu memacu para desainer web/web author untuk membuat halaman-halaman web semakin indah dan canggih. Namun di sisi lain, hal itu juga berarti kebutuhan kecepatan akses semakin tinggi. Oleh karena itu, bila Anda mendesain/membuat sebuah situs web dan jika server situs Anda masih memiliki sisa ruang cukup besar maka bisa dibuat beberapa versi situs. Misalnya situs versi A untuk pengunjung dengan koneksi internet relatif cepat (bisa dilihat di bagian selanjutnya) dan situs versi B untuk pengunjung situs dengan koneksi internet relatif lambat.

Contoh : Beberapa situs menyediakan versi HTML standar dan versi Shocked, membutuhkan plug-in tambahan dan tentunya kecepatan akses lebih cepat. Contoh situsnya adalah : www.fightthefuture.com Ada juga  web penyedia versi teks saja atau teks dan gambar.

Sisipkan Photo atau Images sesuai dengan blog Anda

Menggunakan gambar di situs web merupakan cara yang sangat baik untuk memperlihatkan kepada pengunjung situs tentang apa yang Anda geluti, produk Anda, layanan Anda, proyek di masa lalu dan masih banyak lagi.

Anda bisa menambahkan foto dan tipe gambar lainnya ke halaman situs web untuk membantu memvisualisasikan bisnis atau organisasi Anda.

Berikut beberapa tips singkat untuk membuat gambar atau photo sempurna di dalam situs web Anda:

  • Jangan gunakan gambar langsung dari kamera.

Gambar-gambar yang tersimpan dalam kamera digital biasanya berukuran sangat besar.
Saat ini layar monitor masih dalam tahap peningkatan dan masih terus berkembang. Jadi kualitas gambar dengan pixel dan photo berukuran besar masih belum dibutuhkan.
Mengupload photo original  berukuran besar hanya akan me-reduce space media penyimpanan dengan cepat.
Parahnya lagi photo-photo berukuran besar akan memperlambat loading bagi pengunjung situs web Anda.
Jadi cukup simpan photo-photo ke hard drive lalu gunakan software editing gambar favorit anda misal Photoshop untuk mengedit foto.

  • Gunakan ukuran file direkomendasikan

Ketika melakukan editing file gambar tersebut disarankan sebaiknya file disimpan dengan ukuran tidak lebih dari 200kb. Karena berdasarkan pengalaman kami ukuran file sebesar ini lebih mudah digunakan di web tanpa menimbulkan masalah.

Catatan, pastikan juga bahwa file photo asli Anda tidak lebih dari 10mpx.

  • Dimensi gambar yang tepat

Selain itu dimensi tinggi dan lebar gambar sebaiknya tdak lebih 2880 x 2880 px.

  • Simpan gambar dalam format yang benar

Situs anda mendukung jpeg, gif atau format png, jadi simpan gambar yang hendak diupload dengan salah satu format tersebut.

Tambahkan fitur menarik ke situs

Dari berbagai teknologi web yang telah dikenal Anda dapat membuat suatu layanan/fitur
khusus dari situs web guna menarik perhatian pengunjung. Ide dasarnya adalah menarik pengunjung dengan menyediakan fasilitas/layanan kemudian membuat mereka penasaran untuk mengeksplorasi web atau blog lebih lanjut.

Beberapa contoh layanan tersebut adalah eCard, search engine, discussion room, chat room, free hit counter, dan lain-lain.

Berikut akan coba dipaparkan cara untuk membuat pengunjung tertarik untuk mengunjungi suatu situs web/blog :

  • link dari search engine/situs lain diarahkan menuju halaman utama dari situs kita, sehingga memaksa pengunjung untuk mengeksplorasi situs kita lebih lanjut.
  • link dari search engine/situs lain langsung diarahkan menuju halaman fasilitas yang ditawarkan. Dan dari setiap pemberian layanan, pengunjung ‘dibujuk’ untuk melakukan eksplorasi lebih jauh. ‘Bujukan’ itu sendiri bisa berupa beberapa preview image cantik, banner, dan lain-lain
Diberdayakan oleh Blogger.
Sora Templates