Cara Membuat Keyword Yang Benar - SEO Blog

Header Ads

Cara Membuat Keyword Yang Benar

Satu hal yang harus diperhatikan saat membuat sebuah halaman web adalah topik yang disuguhkan. Disarankan membuat satu halaman untuk satu topik saja, mengapa? Karena halaman web merupakan keyword juga. Inilah salah satu cara membuat keyword yang baik dan benar.

Cara Membuat Keyword Yang Benar

Dengan membuat satu laman web untuk satu topik akan membantu mesin pencari memahami kriteria halaman web Anda sehingga memudahkan mesin pencari mengindeks isi dari laman web tersebut.

Bayangkan jika pada satu laman web, Anda memasukkan berbagai topik ke dalamnya, misalnya dalam satu laman web Anda memperkenalkan "barang promosi Gadget" dan dalam laman web yang sama Anda juga memasukkan informasi lain seperti "perang suriah, kenaikan BBM, kasus papa minta saham, tips sex sehat dan lain sebagainya, jelas ini akan memusingkan mesin pencari memahami dan mengindeks laman web Anda, cara membuat keyword semacam ini sangat tidak disarankan.

Berikut dipaparkan cara membuat keyword pada komponen web yang paling strategis dan benar agar situs pencari gampang mengindeks laman web Anda. Komponen-komponen ini merupakan umpan untuk memancing spider dari situs pencari agar datang dan mengindeks laman web Anda.

Adapun komponen-komponen tersebut adalah:

  • Judul Web (Web Title)
  • Meta Tag Description
  • Judul Halaman (Heading)
  • Isi Halaman Web (Page Content)
  • Hyperlink 

Judul Web (Web Title)

Yang dimaksud dengan judul web adalah judul utama halaman web (Web Title). Judul web ini muncul di bagian atas browser si pengguna dan tidak muncul dalam halaman web.

Yang dilirik setiap orang ketika mencari informasi tertentu di internet adalah judul utama sebuah web, oleh karena itulah mesin pencari sangat fokus pada frase kata yang muncul pada judul web (Web Title) ini. Sangat disarankan untuk membuat judul web Anda relevan dengan isi halaman web.

Google hanya menampilkan lebih kurang 60 karakter di halaman hasil pencarian, walau dalam data indeksnya Google menyimpan informasi secara lengkap. Oleh karena itu disarankan untuk tidak membuat judul utama web anda melebihi dari 8 kata. Utamakan agar fokus pada kata frase yang ingin ditampilkan dan jangan terlalu umum. Untuk itu, taruhlah kata frase utama atau kata kunci utama terlebih dahulu. Teknik ini dsebut juga "keyword prominence".

Meta Tag Description

Yang dimaksud dengan Meta Tag Description ialah uraian penjelasan isi setiap halaman web. Dsarankan penulisan berkisar pada satu atau dua kalimat yang menguraikan isi halaman web tersebut, dan tidak lebih dari 250 karakter.

Jika menggunakan Blogspot Anda dapat memasukkan meta tag description ini di kolom Deskripsi Penelusuran seperti terlihat pada gambar berikut:

Cara Membuat Keyword Yang Benar


Jika pada blog layout Anda tidak ada kolom seperti di atas, Anda perlu mengaktfikannya terlebih dahulu, yaitu Setelan > Preferensi Penelusuran > Conteng Ya pada Aktifkan Deskripsi Penelusuran?.

Saat ini Tag Description sudah tidak diperhitungkan lagi oleh Mesin Pencari, dan tidak akan berpengaruh banyak terhadap kenaikan ranking situs Anda di mesin pencari, namun tidak ada ruginya juga bagi Anda menulis sedikit uraian tentang isi halaman web Anda. Karena biasanya mesin pencari menampilkan juga tag description kalau kalimat pertama body text tidak sesuai dengan tema atau topik keseluruhan web Anda.

Heading

Penting diperhatikan ketika membuat Judul Halaman (Heading), masukkan uraian kata yang mewakili tema atau topik utama halaman web Anda, untuk memudahkan mesin pencari menganalisa masing-masing halaman.  Disarankan juga menulis subjudul (Subheading) untuk membantu mesin pencari dan pembaca dalam membaca dan menganalisa konten halaman web Anda.

Isi Halaman Web (Page Content)

Spider dari mesin pencari akan mengarsir setiap halaman web pada paragraf pertama untuk mengetahui tema halaman web tersebut. Oleh sebab itu pastikan keyword penting Anda ada di paragraf pertama. Lalu masukkan keyword utma itu di akhir kalimat web tersebut.

Spider situs pencari memandang paragraf terakhir seperti sebuah kesimpulan dan penegasan dari apa yang ditulis di judul utama halaman web, di meta tag dan judul atas (Heading).

Jika Anda ingin situs web Anda berada di halaman pertama hasil pencarian pastikanlah mesin pencari benar-benar memahami denga jelas apa topik dan tema halaman web Anda, kalau tidak demikian dapat dipastikan halaman web Anda akan berada jauh di dalam halaman hasil pencarian Google.

Hyperlink

Hyperlink merupakan sebuah teks atau kalimat yang berisi link sebagai petunjuk penting sehubungan dengan tema dan topik halaman web. Misalnya saja teks yang mewakili "Kamus SEO Gratis" dan me-link halaman web bernama "kamus-seo-gratis.html". Dengan demikian spider dari situs pencari akan lebih mudah memahami bahwa topik dan tema halaman web tersebut seputar kategori "Seo dan Blog".

Kesimpulan

Sangat disarankan utuk memahami dengan baik cara membuat keyword yang benar serta larangan dan pantangan apa saja yang tidak boleh dilakukan terhadap situs pencari sehingga web Anda tidak dihapus dari daftar indeks mereka.

Diberdayakan oleh Blogger.
Sora Templates