Cara Mencari Viral Content di Facebook - SEO Blog

Header Ads

Cara Mencari Viral Content di Facebook

Viral Conten sangat berkaitan erat dengan internet marketing di media sosial seperti Facebook. Mencari konten yang berpotensi viral di Facebook ini Anda membutuhkan sebuah tool khusus namanya The Graph.

Cara Mencari Viral Content di Facebook

Tool ini sangat membantu dan memudahkan pekerjaan Anda mencari sebuah konten hanya dengan memasukkan beberapa kata yang mengeskpresikan emosi seseorang.


Jonah Berger menyebutnya dengan AROUSAL.

Emosi diekspresikan dengan kata-kata. Jadi kalau di Facebook, kita bisa mencari kata-kata yang berkaitan dengan emosi orang ketika membagikan sebuah konten.

Nah, sekarang bagaimana caranya? Simak tips-tips berikut ini.

1. Jalankan The Graph dan masukkan kata-kata yang mewakili emosi.

Positif (High Arousal):
amazing, awesome, incredible, cool, lol, cute, wow, epic, keren, hahaha, wkwkwk, subhanallah, masya allah, dsb

Negatif (High Arousal):
w*f, wh*t the f*ck, wh*t the h*ll, bast*rd, parah, gila, anjr*t, kampr*t, bangke, sadis, sialan, terkutuk, astaghfirullah, dsb

Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan topik tertentu yang sedang Anda cari. Misal: cute cats, amazing talent, lol yoga dsb.

2. Jenis posting yang Engaging.
Setelah kita tau emosi dan topik yang ingin dicari, yang perlu di perhatikan adalah jenis post yang paling engaging di Facebook yaitu video dan photo. Video, dan photo adalah jenis post yang paling engaging diantara jenis post lainnya.


3. Kemudian filter berdasarkan waktu
Dengan The Graph kita bisa memfilter pencarian kita berdasarkan waktu kapan post tersebut di posting. Jadi kita bisa mendapatkan konten viral yang paling up to date, atau kita bisa cari konten viral di masa lalu untuk diposting ulang untuk mendapatkan efek viral yang sama.


4. Berapa rasio Like dan Sharenya
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya diatas, patokan sebuah konten viral atau berpotensi viral bukan dari jumlah interaksinya tapi dari nilai perbandingan like dan share. Dan jika sudah menemukan post yang berpotensi viral seperti ini, kita bisa tiru post tersebut kemudian kita boost reachnya dengan diiklankan beberapa dollar saja.

5. Tentukan interest audience yang sesuai
Tentunya jika kita mau mengiklan suatu post, kita harus menargetkannya ke audience yang sesuai dengan topik tersebut. Sehingga kemungkinan post tersebut jadi viral juga menjadi lebih besar.

Beberapa contoh Viral Content dari sebuah Fans Page Facebook sayang saya copas.







Sekarang coba bayangkan, bagaimana kalau seandainya post kita jadi sangat viral dan dilihat oleh jutaan orang lalu di dalamnya ada sedikit jualan kita.

The graph telah membantu lebih dari 200+ online marketer dan diliput secara exlusif oleh Tech in Asia. Buat yang belum punya toolsnya bisa kesini The Graph. Penjualan akan segera ditutup tanggal 30 April 2015 nanti dan dibuka kembali tapi untuk market internasional (belum tahu kapan) Ada diskon 25% dalam waktu yang terbatas.
Diberdayakan oleh Blogger.
Sora Templates